27 C
Makassar
Tuesday, September 21, 2021
HomeNewsLiputan KhususTagana UIN Alauddin Dibentuk Berbasis Fakultas, Disahkan Oleh SK Rektor

Tagana UIN Alauddin Dibentuk Berbasis Fakultas, Disahkan Oleh SK Rektor

Sivitas.ID, Gowa – Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Hamdan Juhannis membentuk tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) berbasis fakultas dalam lingkungan kampus peradaban itu.

Hal ini tertuang dalam surat keputusan Rektor No 658 bertanggal 6 September 2021. Prof Dr H Muhammad Ramli ditetapkan sebagai ketua tim Tagana dan Hasbi Ibrahim sebagai sekretaris.

Penunjukan Prof Muhammad Ramli, sebagai tindak lanjut dari pelantikan anggota Tagana UIN Alauddin Makassar oleh Wakil Rerktor III, Prof Dr Darussalam di lapangan sepakbola beberapa bulan lalu.

Di kesempatan itu dihadiri Kepala Badan Pendidikan, Penelitian dan Penyuluh Sosial Kementerian Sosial, Prof Dr H Syahabuddin.

Sebelumnya anggota Tagana masih terbatas, hanya lingkup Fakultas Dakwah dan Komunikasi, khususnya Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) dan Jurusan Kesejahteraan Sosial (Kessos).

Terbitnya surat keputusan Rektor No 658 tahun 2021, membuat Tagana di UIN Alauddin tidak lagi berbasis jurusan, melainkan ditingkatkan kapasitasnya dengan melibatkan semua fakultas lingkup UIN Alauddin Makassar.

Prof Hamdan mengembangkan Tagana di kampus sebagai upaya meningkatkan kinerja, keaktifan dan koordinasi bagi anggota Tagana baik pada kondisi sebelum, sedang maupun pascabencana terjadi.

Sekretaris Tim Tagana UIN Alauddin Makassar, Hasbi Ibrahim mengaku saat ini, ia masih berkoordinasi dengan anggota Tagana.

“Untuk program kami belum susun, karena saat ini baru konsolidasi anggota,” kata Ibrahim, Sabtu, 11 September 2021.

Ia baru akan merumuskan program setelah bertemu dengan anggota Tagana dalam penyamaan persepsi terkait kerja-kerja Tagana ke depan.

“Insya Allah tahap awal kita akan pertemuan anggota dalam rangka penguatan persepsi arah ke depan Tagana UIN Alauddin,” tandasnya.

“Setelah itu masing masing bidang yang akan menyusun rencana kegiatan,” tambahnya.

Ibrahim berharap Tagana ke depan dapat eksis dalam berkontribusi pada kegiatan-kegiatan sosial kebencanaan.

Untuk kelancaraan pembinaan dan pengembangan Tagana di UIN Alauddin Makassar ditunjuk instruktur yang beranggotakan enam orang yakni;

dr Abd Rahman, Drs H Syakhruddin, Muhlis Moed, Abd Rahman, Indriati, dan Subhan Rahim dari Forum Tagana Pemprov Sulsel.

Kemudian di bidang-bidang Tagana, Koordinator Sumber Daya Manusia (Dr H Supardin), Koordinator Bidang Operasional (Dr Muh Shuhufi), Koordinator Bidang Data dan informasi (Munawir Amansyah).

Selanjutnya, Koordinator Logistik dan Peralatan (Dr M Yusuf T). Masing-masing bidang ini beranggotakan lima orang dari perwakilan fakultas yang didukung sekretaris Hasniati dan dibantu delapan anggotanya.

Redaksihttps://sivitas.id
Sivitas.id adalah portal berita online berbasis kampus yang didedikasikan sebagai ruang diskursif warga kampus. Anda bisa mengirimkan tulisan anda ke email redaksi di redaksi@sivitas.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img

Most Popular

Recent Comments