25 C
Makassar
Saturday, October 16, 2021
spot_img
HomeKabar KampusAkademikProdi PGMI UIN Alauddin Bekali Mahasiswa Baru dengan Soft Skills

Prodi PGMI UIN Alauddin Bekali Mahasiswa Baru dengan Soft Skills

Sivitas.ID, Makassar – Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar menggelar pelatihan soft skill bagi mahasiswa baru 2021, Sabtu, 18 September 2021.

Kegiatan yang digelar di Lt fakultas secara offline ini bekerja sama dengan Institut Parahikma Indonesia (IPI) Gowa, dan Lembaga The Indonesian Teaching Mind Technology (ITMT) Indonesia.

Tidak hanya mahasiswa baru Prodi PGMI UIN Alaudddin Makassar yang mengikuti pelatihan ini, tapi juga perwakilan mahasiswa dari IPI dan mahasiswa asal Sabah Malaysia.

Pelatihan soft skill bertemakan “Change Your Mind” dibuka langsung oleh Ketua Prodi PGMI, Dr Usman M Pd. Dalam sambutannya, ia menerangkan pentingnya mengasah soft skil.

“Pada beberapa fakultas dan universitas terkemuka di Indonesia, sudah menjadikan training soft skills ini sebagai suatu keharusan bagi setiap mahasiswanya,” ujarnya.

Dia menerangkan nilai akademik tidak menjamin kesuksesan seseorang jika soft skill lemah.

“Walaupun nilai akademik hebat tetapi soft skillsnya jelek maka tidak dapat sukses karena tidak dapat berkomunikasi dengan baik. Nilai akademis yang bagus tidak menjamin akan sukses. Oleh karena itu soft skill sangat dibutuhkan,” terangnya.

“Jika anda diminta untuk menggantikan posisi bos anda dengan harus mempresentasikan di depan banyak orang, setelah lulus dari UIN, maka mahasiswa harus siap menghadapi realita pekerjaan,” sambungnya.

Oleh karenannya, Dr Usman berharap prodi-prodi kecil harus menampakan diri dengan sering-sering membuat acara seminar atau pelatihan sehingga dapat dikenal oleh masyarakat.

Pelatihan ini yang jadi pembicara, yakni Sekertaris Prodi PGMI UIN Alauddin, Dr Rosdiana, M Pd I dan Muhammad Anwar. HM, CEO ITMT Indonesia, Coach, Trainer dan motivator yang juga sebagai Kepala Perpustakaan FTK UIN Alauddin Makassar.

Acara ini juga didukung PT Djarum Indonesia, Penerbit Prenada Media, Penerbit CV Gunadrama, PT Penerbit Erlangga Makassar, Ikatan Pelajar Mahasiswa Sabah Malaysia (IPMAS), Lembaga Sinergi Motiv Indonesia (SMI) dan beberapa pihak lainnya.

Redaksihttps://sivitas.id
Sivitas.id adalah portal berita online berbasis kampus yang didedikasikan sebagai ruang diskursif warga kampus. Anda bisa mengirimkan tulisan anda ke email redaksi di redaksi@sivitas.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img

Most Popular

Recent Comments