29 C
Makassar
Saturday, October 16, 2021
spot_img
HomeKabar KampusAkademikProdi PBA Pascasarjana UIN Alauddin Gelar Workshop Penulisan dan Publikasi Jurnal

Prodi PBA Pascasarjana UIN Alauddin Gelar Workshop Penulisan dan Publikasi Jurnal

Sivitas.ID, Gowa – Program Studi (Prodi) Strata Dua (S2) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Pascasarjana UIN Alauddin Makassar menggelar Workshop Publikasi Jurnal.

Acara itu dilaksanakan secara sistem hybrid melalui aplikasi Via Zoom Meeting dan offline yang dipusatkan di Hotel Sultan Alauddin Makassar, Sabtu (04/09/2021) lalu.

Workshop penulisan dan publikasi artikel pada jurnal nasional terakreditasi dan internasional bereputasi untuk mahasiswa itu dibuka langsung oleh Direktur Pascasarjana UIN Alauddin Makassar Prof Dr H M Galib M MA.

Kegiatan itu menghadirkan sejumlah narasumber, salah satunya adalah Reviewer Asian Journal of Current Research terindeks Scopus yang juga sebagai Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Iqra Buru, Maluku Dr Saidna Zulfikar bin Taher.

Pada kesempatan itu, Dr Saida Zulfikar bin Taher itu memberikan wawasan dan pengalaman belajar kepada peserta dalam seluk beluk dunia publikasi.

Selain itu, di hari yang sama peserta dilatih menggunakan reference manager system mendeley yang ditutori oleh Ketua Rumah Jurnal UIN Alauddin Taufiq Mathar M LIS.

Tak hanya itu, Workshop ini juga menghadirkan Guru Besar bidang Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Malang, Prof Dr H Nurul Murtadho M Pd, Ia melatih mahasiswa menulis artikel yang baik untuk dipublikasikan ke jurnal nasional dan internasional.

Menurut Ketua Prodi S2 PBA Pascasarjana UIN Alauddin Dr Haniah Lc MA, kegiatan ini dilaksanakan melihat kurangnya pengalaman mahasiswa dengan dunia publikasi dan masih minimnya mahasiswa yang menggunakan reference manager dalam penulisan karya ilmiah.

Melalui workshop tersebut, Ia berharap dapat memberi manfaat dan menambah publikasi mahasiswa baik secara kualitas maupun kuantitas.

“Semoga dengan kegiatan ini, kuantitas dan kualitas publikasi ilmiah mahasiswa Pascasarjana UIN Alauddin baik di jurnal nasional dan internasional terakreditasi dapat ditingkatkan” tutupnya.

Redaksihttps://sivitas.id
Sivitas.id adalah portal berita online berbasis kampus yang didedikasikan sebagai ruang diskursif warga kampus. Anda bisa mengirimkan tulisan anda ke email redaksi di redaksi@sivitas.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img

Most Popular

Recent Comments