29 C
Makassar
Saturday, October 16, 2021
spot_img
HomeKabar KampusAkademikMahasiswa Profesi Dokter UIN Alauddin Ikuti Workshop Orientasi dan Sosialisasi Mutu Rumah...

Mahasiswa Profesi Dokter UIN Alauddin Ikuti Workshop Orientasi dan Sosialisasi Mutu Rumah Sakit

Sivitas.ID, Makassar – Sebanyak 17 Mahasiswa Program Studi (Prodi) Profesi Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Alauddin Makassar mengikuti Workshop Orientasi dan Sosialisasi Mutu Rumah Sakit .

Acara Orientasi Rumah Sakit itu diselenggarakan oleh Prodi Profesi Dokter FKIK UIN Alauddin yang berlangsung selama tiga hari, Senin-Rabu tanggal 13-15 Septembe 2021.

Workshop tersebut dilaksanakan secara blendid learning melalui aplikasi Via Zoom Meeting dan offline yang dipusatkan di Aula Gedung Program Studi Dokter, Kampus I, Jalan Sultan Alauddin.

Ketua Prodi Profesi Dokter UIN Alauddin Makassar, dr Azizah Nurdin M Kes melalui keterangan tertulisnya pada Minggu (19/09/2021) mengatakan, workshop ini merupakan rangkaian dari kepaniteraan umum yang dilaksanakan beberapa hari sebelumnya.

“Dengan terlaksananya acara ini, diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan Mahasiswa tentang segala seluk beluk yang ada di Rumah Sakit Haji,” katanya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan dengan adanya kegiatan itu Mahasiswa Profesi Dokter pada proses kepaniteraan klinik akan mengetahui detail bagian yang akan mereka lewati dan dapat mempersiapkan diri.

“Bekal untuk Mahasiswa sebelum memasuki masa kepaniteraan klinik di Rumah Sakit, khususnya di era New Normal pandemi COVID-19 yang tentunya membutuhkan perhatian khusus demi keselamatan bersama,” bebernya.

Menurut dr Azizah Nurdin, yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini adalah Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Haji Kota Makassar dr H Andi Mappatoba MBA DTAS yang membawakan materi pengenalan Rumah Sakit Haji.

“Pada kesempatan itu, dr H Andi Mappatoba MBA DTAS menyampaikan berbagai materi membuka wawasan dan pengetahuan mahasiswa mengenai tata tertib, hak dan kewajiban di Rumah Sakit,” bebernya.

Selain itu, lanjut dr Azizah Nurdin materi yang diberikan tentang sasaran keselamatan pasien, pelayanan kefarmasian dan penggunaan obat, kesehatan dan keselamatan kerja (K3), materi praktek pencegahan, pengendalian infeksi (PPI), serta materi praktek bantuan hidup dasar dan code blue.

“Materi-materi tersebut diharapkan mampu memberikan gambaran situasi terkini di Rumah Sakit yang nantinya akan ditempati oleh Mahasiswa kami dalam menuntut ilmu,” pungkasnya.

Redaksihttps://sivitas.id
Sivitas.id adalah portal berita online berbasis kampus yang didedikasikan sebagai ruang diskursif warga kampus. Anda bisa mengirimkan tulisan anda ke email redaksi di redaksi@sivitas.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img

Most Popular

Recent Comments