27 C
Makassar
Tuesday, September 21, 2021
HomeKabar KampusKemahasiswaanGelar PKMIH, HMJ Ilmu Hukum UIN Alauddin Angkat Reforma Agraria

Gelar PKMIH, HMJ Ilmu Hukum UIN Alauddin Angkat Reforma Agraria

Sivitas.ID, Gowa – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Alauddin Makassar menggelar Pendidikan Khusus Mahasiswa Ilmu Hukum (PKMIH).

Kegiatan itu dilaksanakan di ruang Lecture Theater Fakultas Syariah dan Hukum, Kampus II UIN Alauddin, Kel. Romang Polong Kabupaten Gowa, Sabtu 21 Agustus 2021.

Pendidikan Khusus Mahasiswa Ilmu Hukum (PKMIH) kali ini bertajuk “Reforma Agraria, Tantangan dan Peluang dalam Balutan Undang – Undang Cipta Kerja.” Diikuti sebanyak 48 peserta dari mahasiswa Ilmu Hukum Angkatan 2020.

Hadir dalam kegiatan itu sebagai narasumber, Demisioner pengurus HMJ Ilmu Hukum Periode 2018/2019 Ahmad Maulana Anha, Ketua  Lembaga Bantuan Hukum Cinta Lingkungan dan Pencari Keadilan (LBH CLPK) Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Sulawesi Selatan A. Arianto S.H.

Juga hadir pengurus WALHI Sulawesi Selatan Arfandi Ana, Direktur Profetik intitute Muh Asratillah dan Pengamat Politik dan Lingkungan Fajar Nur Alamsyah sebagai narasumber.

Ketua HMJ Ilmu Hukum Muh Aqil Al-Waris mengatakan persoalan agraria masih menjadi permasalahan pokok di berbagai daerah, maka dari itu, menurutnya, program ini sebagai bekal sebelum turun menggelar penyuluhan dan pengabdian masyarakat.

“Kita ini mahasiswa hukum, tentu segala pemahaman berkaitan hukum sangat dibutuhkan oleh masyarakat terkhusus di pelosok. Mengingat pula himpunan ini sangat menjunjung tinggi Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai rujukan dalam berlembaga dan bergerak,” beber Aqil.

Senada dengan itu, Ketua Panitia Pendidikan Khusus Mahasiswa Ilmu Hukum kali (PKMIH) 2021 Jushuatul Amriadi mengatakan, kegiatan ini adalah pembekalan awal penyuluhan hukum, sebagai tindak lanjut dari program pengabdian masyarakat.

“Setelah PKMIH ini, nantinya akan ada penyuluhan hukum terkait persoalan-persoalan agraria lebih khusus dan persoalan sengketa lahan,” jelas mahasiswa semester lima itu.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Dr Saleh Ridwan M Ag mengapresiasi program kerja HMJ Ilmu Hukum karena dinilainya sudah mampu meningkatkan progresifitas.

“Kami bangga sama pengurus HMJ Ilmu Hukum yang sekarang, karena sudah bisa melakukan kegiatan terus menerus demi meningkatkan kualitas jurusan maupun fakultas,” ungkapnya.

Redaksihttps://sivitas.id
Sivitas.id adalah portal berita online berbasis kampus yang didedikasikan sebagai ruang diskursif warga kampus. Anda bisa mengirimkan tulisan anda ke email redaksi di redaksi@sivitas.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img

Most Popular

Recent Comments