27 C
Makassar
Tuesday, September 21, 2021
HomeNewsHeadlineUIN Alauddin Teken MoU dengan Bupati Bantaeng dan Sinjai untuk Peningkatan SDM...

UIN Alauddin Teken MoU dengan Bupati Bantaeng dan Sinjai untuk Peningkatan SDM Guru Agama

Sivitas.ID, Gowa – Setelah melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan pemerintah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), UIN Alauddin Makassar kembali melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bantaeng dan Sinjai. Penandatanganan MoU itu dilaksanakan di Ruang Rapat Senat Lantai IV Gedung Rektorat, Senin (12/07/2021).

Kerjasama itu diteken langsung Bupati Kabupaten Bantaeng Ilham Azikin dan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa, bersama Rektor UIN Alauddin Makassar yang diwakili Pembantu Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga Dr Kamaluddin Abunawas.
 
Dr Kamaluddin Abunawas dalam sambutannya mengatakan, di Sulawesi Selatan hampir semua kabupaten sudah melakukan kerjasama dengan UIN Alauddin. Menurutnya, tinggal dua sampai tiga Kabupaten yang belum ada Nota Kesepahaman dengan UIN Alauddin Makassar. 

“Dalam MoU ini, tentunya UIN Alauddin Makassar punya kepentingan sangat besar yang tidak terlepas dari Tri Dharma Pengguruan yakni Penelitian, Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ia membeberkan baru saja sebelumnya juga telah melakukan MoU dengan pemerintah Kabupaten Pangkep dalam lingkup KKN Profesi, KKN dari Kampung (DK), beasiswa untuk mahasiswa asal Pangkep, family farming serta wisata religi.

Sementara Kerjasama yang akan dilakukan UIN Alauddin Makassar dengan Kabupaten Bantaeng, menurut Kamaluddin, adalah mendorong Guru Pesantren dan Madrasah serta Guru Agama di sekolah-sekolah umum negeri agar melanjutkan studinya di Program Pascasarjana UIN Alauddin Makassar.

“Ada dua hal yang menjadi penekanan Bapak Bupati Bantaeng dalam kerjasama kali ini, yaitu mendorong para pegawainya, terutama guru pesantren dan madrasah serta guru-guru agama di sekolah umum untuk melanjutkan pendidikan S2 bahkan S3 di UIN Alauddin, termasuk juga pemberian beasiswa S1 bagi mahasiswa S1 yang berasal dari Bantaeng,” ujarnya.

Adapun kerjasama dengan Kabupaten Sinjai, sambung Kamaluddin, juga terkait pemberian beasiswa kepada Mahasiswa UIN Alauddin asal daerah berjuluk Butta Panrita Kitta itu.

“Pemkab Sinjai juga akan memberikan bantuan berupa beasiswa bagi mahasiswa S1, makanya MoU ini menjadi payung hukumnya,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kabupaten Bantaeng Ilham Azikin menyampaikan ucapan hormat dan terima kasih kepada UIN Alauddin Makassar yang bersedia membantu pemerintah Kabupaten Bantaeng dalam peningkatan sumder daya manusia melalui pendidikan dan bidang keagamaan.

“Insya Allah kita akan fokus dulu kepada tenaga pendidikan bidang keagamaan agar bisa melanjutkan studi di UIN Alauddin Makassar, juga hal lain misalnya tentang sejarah penyebaran Islam di Bantaeng, dengan MoU ini semoga dapat dilakukan penelitian soal itu,” ujarnya.

Senada dengan itu, Bupati Kabupaten Sinjai Andi Seto mengatakan, ada banyak hal yang dapat dikerjasamakan, olehnya karenanya setelah melakukan MoU, dinas terkait akan melakukan tindaklanjut dengan UIN Alauddin Makassar.

“Kerjasamanya saya pikir bukan cuma dalam lingkup beasiswa, akan tetapi begitu banyak fakultas bisa kerjasama dengan pemerintah daerah khususnya dalam pengembangan SDM kabupaten Sinjai,” katanya.

Ia berharap, dengan adanya kerjasama itu bisa mempermudah mahasiswa dan mahasiswi Kabupaten Sinjai untuk kuliah di UIN Alauddin Makassar.

“Mudah-mudahan dengan kerjasama peningkatan SDM nantinya, bisa membantu Pemda dalam mencari solusi dalam permasalahan yang ada Sinjai, misalnya dengan membuat program-program kolaboratif,” tutupnya.

Redaksihttps://sivitas.id
Sivitas.id adalah portal berita online berbasis kampus yang didedikasikan sebagai ruang diskursif warga kampus. Anda bisa mengirimkan tulisan anda ke email redaksi di redaksi@sivitas.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img

Most Popular

Recent Comments