24 C
Makassar
Tuesday, June 22, 2021
HomeNewsHeadlineSudah Terbuka, Begini Syarat dan Cara Daftar Jalur Mandiri UIN Alauddin Tahun...

Sudah Terbuka, Begini Syarat dan Cara Daftar Jalur Mandiri UIN Alauddin Tahun 2021

Sivitas.ID, Gowa – Bagi kalian Calon Mahasiswa Baru (Camaba) yang belum lulus masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), jangan berkecil hati. UIN Alauddin Makassar masih memiliki satu jalur yakni Ujian Masuk Mandiri (UMM).

Saat ini, pendaftaran jalur UMM sudah terbuka sejak 1 hingga 30 Juni 2021 mendatang. Jalur UMM disediakan sebanyak 54 program studi, adapun biaya pendaftaran sebesar Rp. 225.000 dengan paket IPC, IPS dan IPA.

Seleksi jalur UMM bakal digelar pada 21 hingga 25 Juli dengan menggunakan sistem Dalam Jaringan (Daring) dan akan diumumkan pada 2 Agustus 2021 mendatang.

Bagi kalian berminat masuk UIN Alauddin Makassar, berikut cara daftarnya.

  1. Lakukan transaksi pembayaran seleksi UMM melalui teller cabang Bank BNI se-Indonesia.
  2. Setelah melakukan transaksi pembayaran, anda akan memperoleh Nomor Induk, 9 karakter dan PIN UMM sebanyak 10 karakter.
  3. Buka laman umm.uin-alauddin.ac.id, bacalah petunjuk yang tertera dengan seksama.
  4. Tuliskan Nomor Ujian dan PIN Pendaftaraan yang Anda peroleh pada butir no.2 pada Login Portal.
  5. Tekan/klik Login.
  6. Apabila Nomor Pendaftaraan dan PIN yang diisikan tersebut benar, maka akan tampak formulir Pendaftaran Calon Mahasiswa.
  7. Isikan data Anda pada formulir Pendaftaran Calon Mahasiswa.
  8. Kemudian cetak kartu pendaftaran

Pendaftaran jalur ujian masuk mandiri (UMM) UIN Alauddin Makassar juga bisa di akses melalui via ATM BNI seluruh Indonesia

Berikut cara SOP pembayaran PIN jalur ujian masuk mandiri (UMM) UIN Alauddin melalui ATM BNI Seluruh Indonesia.

Pilih BAHASA (Indonesia/English)
Pilih menu LAINNYA
Pilih menu PEMBAYARAN
Pilih menu BERIKUTNYA
Pilih UNIVERSITAS
Pilih menu STUDIENT PAYMENT CENTER (SPC)

Masuk KODE UNIVERSITAS (8012) di lanjutkan KODE PAKET PENDAFTARAN dimana kode untuk IPA = 01, IPS = 02 dan IPC = 03, contoh untuk pembelian paket IPA maka diketikkan —> 801201, kemudian pilih TEKAN JIKA BENAR

Informasi jumlah tagihan akan muncul pada layar dengan nominal Rp. 225.000, telan YA BAYAR jika jumlah tagihan sudah benar (pastikan jumlah tagihan sesuai pada paket bayar)
Pilih menu TABUNGAN
Selesai, PIN dan PASSWORD akan di cetak pada resi (STRUK), dan simpang struk (Resi) Transaksi anda sebagai bukti pembayaran.

Adapun syaratnya, tamatan SMA Sederajat paling lama kelulusan 3 tahun terakhir terhitung 2018, 2019 dan 2020 dan berlaku untuk ujian tulis lokal dan nasional. Untuk jalur prestasi lulusan ujian nasional (UN) tahun 2021 (SNMPTN dan SPAN-PTKIN).

Kesehatan fisik tidak mengganggu kelancaran pembelajaran di program studi pilihan (contoh: prodi yang dipersyaratkan dapat membedakan warna, mahasiswa tidak boleh buta warna) daftar prodi prasyarat lihat di https://siadin.uin-alauddin.ac.id/umm/.

Untuk yang memilih prodi keperawatan dan kebidanan, Tinggi badan minimal 155 cm bagi laki-laki dan 150 cm bagi perempuan.

Bebas narkoba untuk semua program studi.
Untuk yang lulus Program Studi Pendidikan Dokter informasi tahapan berikutnya dapat dilihat di www.uin-alauddin.ac.id atau langsung ke prodi Pendidikan Dokter

Ketentuan pada poin 1, 2, 3 & 4 wajib dipenuhi dan jika calon maba sudah dinyatakan lulus kemudian tidak memenuhi poin tersebut diatas sesuai pemeriksaan berkas, dan surat keterangan poliklinik UIN Alauddin, maka dinyatakan gugur.
Calon Mahasiswa yang lulus dinyatakan mengundurkan diri jika semua tahapan pendaftaran ulang tidak diikuti sesuai jadwal

Informasi lebih lanjut silahkan konfirmasi ke bagian Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PUSTIPAD) – UIN Alauddin Lantai I Gedung Rektorat Kampus II Samata-Gowa.

Redaksihttps://sivitas.id
Sivitas.id adalah portal berita online berbasis kampus yang didedikasikan sebagai ruang diskursif warga kampus. Anda bisa mengirimkan tulisan anda ke email redaksi di redaksi@sivitas.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img

Most Popular

Recent Comments