25 C
Makassar
Saturday, October 16, 2021
spot_img
HomeNewsLiputan KhususKakanwil Kemenag Sulsel Apresiasi Angka Kelulusan 88% Alumni Pertama MAN IC Gowa...

Kakanwil Kemenag Sulsel Apresiasi Angka Kelulusan 88% Alumni Pertama MAN IC Gowa di SBMPTN 2021

Sivitas.ID, Makassar – Pengumuman hasil Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021, Senin 14 Juni 2021 menjadi sebuah kabar baik dan membahagiakan bagi siswa(I) Angkatan Pertama serta seluruh civitas akademik MAN Insan Cendekia Gowa. Pasalnya, untuk yang pertama kalinya MAN Insan Cendekia Gowa mengantarkan siswanya untuk lolos ke Perguruan Tinggi – Perguruan Tinggi Negeri terbaik yang ada di Indonesia.

Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel, H. Khaeroni secara khusus menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya kepada siswa Angkatan Pertama dari MAN IC Gowa, “ini prestasi yang luar biasa dari anak anak Madrasah kita, Kualitas madrasah kita terus meningkat dan semakin kompetitif. Madrasah tidak kalah bersaing dengan sekolah dalam bidang sains. Menurutnya, hal tersebut semakin menambah keunggulan madrasah, tidak hanya pada pengetahuan agama, tapi juga sains. 

Khaeroni juga meminta agar Madrasah tetap menjaga keunggulan dalam akhlak dan ilmu pengetahuan. Menurutnya, prestasi bidang akademik bukan puncak dari tujuan pendidikan madrasah, karena lembaga pendidikan Islam ini memiliki aksentuasi dalam dua hal, sains dan agama.
“Kualitas memang dapat diukur dengan nilai, tetapi karakter dan akhlak siswa melebihi ukuran formil seperti itu,” kata Kakanwil

Kelulusan siswa Angkatan I jalur SBMPTN ini menjadi sebuah awal yang sangat membanggakan setelah para siswa gagal pada SNMPTN jalur Undangan, hal inipun masih dimaklumi, karena Siswa yang Lulus merupakan Siswa Angkatan Pertama sejak MAN IC Gowa mulai beroperasi yakni pada tahun Pelajaran 2018-2019.

Menurut Kepala MAN IC Gowa, Dra, Hj, Supiana, M.Pd, Si., PhD, Meskipun awalnya diakui siswa bahwa semangat mereka sempat kendor ketika mengetahui tak satupun yang lulus jalur undangan (SNMPTN). Namun, kegagalan pada jalur SNMPTN ini tidak menjadi sebuah kekhawatiran bagi Guru-guru MAN Insan Cendekia Gowa yang telah tahu secara pasti kemampuan dari siswa-siswanya.

Keyakinan yang besar dari para guru pun Tebayarkan, para siswa(i)nya membuktikan kemampuan yang dimilikinya melalui jalur SBMPTN. Presentase Kelulusan pun tidak tanggung tanggung yakni mencapai 88%.

“ini menjadi bukti perjuangan yang telah dilakukan oleh para siswa. Mereka telah berjuang dengan belajar giat melalui beberapa cara, mulai dari belajar secara mandiri di rumah, ikut bimbingan belajar berbayar bahkan dua pekan sebelum tes, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19, beberapa siswa datang ke sekolah untuk memperoleh bimbingan intensif dari para guru mata pelajaran”, Ucap Hj. Supiana

Pada jalur SBMPTN ini, tercatat sebanyak 41 orang dari 42 siswa Angkatan 1 yang mengikuti seleksi dan pada hasil seleksi tercatat sebanyak 36 orang siswa dinyatakan lulus yang terdiri atas 21 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Mereka yang lulus seleksi, tersebar ke beberapa perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia seperti Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran, UNHAS, UNM, Institut Tekhnologi Sepuluh November Surabaya, Universitas Haluleo, UPN Veteran Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga, UIN Sunan Ampel, UIN Alauddin, dan Perguruan Tinggi lainnya di Indonesia dengan program studi terbaik. Bahkan terdapat Dua diantara 36 orang yang lulus terdaftar sebagai calon mahasiswa kedokteran.

Kepala MAN Insan Cendekia Gowa beserta guru-guru tak henti-hentinya berucap syukur dan rasa bangga atas capaian siswa Angkatan I ini.
“”Belum lama mereka mengakhiri kisah torehan prestasi-prestasi belajar untuk MAN Insan Cendekia Gowa, hari ini kembali mereka menaruh prestasi besar untuk diri mereka. Capaian mereka hari ini menentukan akan menjadi siapa dan seperti apa mereka di masa yang akan datang. Torehan prestasi lain ke depannya akan selalu dinantikan oleh MAN Insan Cendekia Gowa dan tentu dengan iringan doa semoga semua siswa Angkatan 1 MAN Insan Cendekia Gowa bisa menjadi generasi emas bagi Indonesia”, Ungkap Kamad MAN IC Gowa penuh bangga.

Redaksihttps://sivitas.id
Sivitas.id adalah portal berita online berbasis kampus yang didedikasikan sebagai ruang diskursif warga kampus. Anda bisa mengirimkan tulisan anda ke email redaksi di redaksi@sivitas.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img

Most Popular

Recent Comments