24 C
Makassar
Wednesday, May 12, 2021
HomeKabar KampusSambut Ramadan, HMJ Biologi UIN Alauddin Gelar Tablig Akbar

Sambut Ramadan, HMJ Biologi UIN Alauddin Gelar Tablig Akbar

Sivitas.ID, Gowa – Menyambut Bulan suci ramadan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar Mengadakan Tabligh Akbar dengan mengangkat tema “Sucikan Hati Luruskan Niat” (Jumat/09/2021) via zoom cloud meeting.

HMJ Biologi fakultas sains dan teknologi tidak henti-hentinya membuat trobosan baru didalam berorganisasi salah satunya kegiatan Tabligh Akbar menyambut Ramadhan yang dilaksanan oleh divisi Akhlak dan Moral

Tablig akbar ini menghadirkan Ustaz yang juga sekaligus dosen jurusan Biologi Dirhamzah M Pd I dan Demisioner Sekretaris HMJ Biologi periode 2016 Sukriadi S Si.

Dirhamzah dalam ceramahnya menyampaikan kiat-kiat dalam meyambut bulan Ramadan.

Pertama, katanya, perlu meluruskan niat dengan memperkuat motivasi dalam beribadah serta melakukan perencanaan selama 1 bulan ibadah-ibadah apa saja yang akan dilakukan selama ramadan.

Kedua, sambungnya, adalah menyucikan hati dengan meminta maaf kepada kedua orang tua serta menyudahi permasalahan yang telah terjadi selama 11 bulan yang lalu.

“Dalam meluruskan niat ada 2 cara yang dapat dilakukan yaitu banyak beristigfar dengan bertaubat kepada Allah SWT dan membersihkan hati dari segala penyakit hat” tuturnya.

Lebih lanjut, banyak banyak istighfar memohon ampun dan harus dilakukan dengan taubatan nasuha, namun jika berkaitan degan orang lain harus ada permohonan maaf kepada orang yang telah di sakiti.

“Terutama menghindari penyakit hati seperti giba, iri hati, dengki dan takabur” imbuhnya.

Sementara itu, Sukriadi mengungkapkan, persiapan menyambut bulan ramadan adalah dengan membuat resolusi realistis dan planing dalam beribadah, mengonsumsi makanan yang halal dan terus berdoa dan memohon ridho kepada Allah SWT.

Untuk itu, kata Sukriadi, pertama, penting membuat resolusi target dalam membaca Alqur’an selama sehari misalnya 2 kali sehari.

Kedua, membuat planing dengan target apa yang akan dicapai ramadan ini misalnya khatam Al-Qur’an 2 kali selama bulan ramadan.

Ketiga, adalah dengan memperkuat jiwanya dengan makan makanan yang halal dan toyiban .

“Sehingga mampu bertahan selama berpuasa dan terakhir kita tidak bisa mewujudkan ini tanpa berdoa kepada Allah Swt” tandasnya.

Sekadar diketahui kegiatan ini dilakukan secara daring dan dibuka untuk umum, dihadiri oleh sejumlah dosen Jurusan Biologi FST UIN Alauddin Makassar dan para mahasiswa. (Nurul Melinda)

Avatar
Redaksihttps://sivitas.id
Sivitas.id adalah portal berita online berbasis kampus yang didedikasikan sebagai ruang diskursif warga kampus. Anda bisa mengirimkan tulisan anda ke email redaksi di redaksi@sivitas.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img

Most Popular

Recent Comments