24 C
Makassar
Wednesday, May 12, 2021
HomeKabar KampusAkademikProdi Ilmu Hukum UIN Alauddin Gelar Konferensi Internasional Hak Asasi Manusia

Prodi Ilmu Hukum UIN Alauddin Gelar Konferensi Internasional Hak Asasi Manusia

Sivitas.ID, Makassar – UIN Alauddin Makassar menggelar Konferensi Internasional Hak Asasi Manusia pertama. Kegiatan yang dimotori oleh Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Syariah dan Hukum tersebut diadakan secara daring via Zoom Cloud Meeting, berpusat di Hotel Amaris Pettarani, 12-13 April 2021.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor IV Dr Kamaluddin Abunawas, mewakili Rektor UIN Alauddin Makassar, dilanjutkan sambutan dari Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Dr Muammar Bakry dan Ketua Prodi Ilmu Hukum Dr Rahman Syamsuddin.

Dalam sambutannya, Ketua Prodi Ilmu Hukum menyampaikan, terdapat 44 peserta yang berhasil lanjut pada tahap presentasi yang berasal dari 2 negara, yaitu Indonesia dan Timor Leste. Pemateri yang hadir berasal dari 4 negara, yaitu Australia, Austria, Inggris, dan Indonesia.

“Oleh karena itu, acara ini telah memenuhi standar forum akademik internasional, apalagi isu hak asasi manusia di masa pandemic covid-19 merupakan isu global yang selalu hangat untuk disikusikan” ungkapnya.

Selain itu, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Dr.Muammar Bakry mangatakan, konferensi internasional yang bertajuk “Perlindungan dan Penegakan Hak Asasi Manusia di Masa pandemic Covid-19” dirasa sangat mewakili dilema yang ada saat ini.

“Pandemi covid-19 adalah musuh bersama yang harus dicari solusinya secara bersama, secara internasional, tidak cukup jika skala nasional saja” pungkas Imam Besar Masjid Al Markaz Al Islami Makassar itu.

Adapun keynote speaker dalam acara ini, yaitu Ketua KOMNAS HAM, Ahmad Taufan Damanik dan Prof Nadirsyah Hosen dari Monash University, Australia. Sedangkan pemateri lainnya adalah Dr Meghan Campbell dari Birmingham University (Inggris), Dr Sebastian Spitra dari Vienna University (Austria), Dr Muammar Bakry dan Dr Syamsuddin Radjab UIN Alauddin Makassar.

Ketua Panitia Muhammad Ikram Nur Fuady berharap event internasional ini dapat menjadi pemicu peran serta UIN Alauddin Makassar secara khusus dan Sulawesi Selatan serta Indonesia secara umum dalam perkembangan HAM secara global di dunia.

“UIN Alauddin merupakan kampus peradaban yang tentunya dapat tercermin dari kepedulian terhdap perkembangan HAM yang ada, salah satunya dengan terselenggaranya konferensi internasional ini” tutup Ikram.

Avatar
Redaksihttps://sivitas.id
Sivitas.id adalah portal berita online berbasis kampus yang didedikasikan sebagai ruang diskursif warga kampus. Anda bisa mengirimkan tulisan anda ke email redaksi di redaksi@sivitas.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img

Most Popular

Recent Comments