24 C
Makassar
Wednesday, May 12, 2021
HomeKabar KampusAkademikProdi Ilmu Falak UIN Alauddin Akan Dirikan Observatorium Ilmu Falak

Prodi Ilmu Falak UIN Alauddin Akan Dirikan Observatorium Ilmu Falak

Sivitas.ID, Gowa – Sejak berdiri pada tanggal 29 Februari 2016 lalu, Program Studi (Prodi) Ilmu Falak Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Alauddin Makassar yang memasuki usia 5 tahun, terus berbenah untuk menjadi Prodi yang andal dan unggul.

Hal itu disampaikan Ketua Program Studi Ilmu Falak Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar Dr Fatmawati Hilal saat dihubungi via WhatsApp, Rabu (14/04/2021).

Fatmawati optimis Prodi Ilmu Falak akan menjadi jurusan yang andal di Kampus Peradaban UIN Alauddin Makassar. Apalagi menurutnya di usia 5 tahun ini Prodi Ilmu Falak sudah terakreditasi B oleh BAN-PT.

“Tentu diusia yang masih muda ini Ilmu Falak akan terus berbenah untuk menjadi program studi yang andal dan dapat meraih akreditasi yang unggul dan melahirkan alumni yang berdaya saing,” ungkapnya.

Fatmawati mengungkapkan, kedepan Prodi Ilmu Falak berencana membuat Observatorium Ilmu Falak yang akan menjadi cikal bakal Observatorium UIN Alauddin Makassar.

“Observatorium ini juga kelak dapat dijadikan sebagai edu Wisata, Ikon wisata edukasi,” imbuhnya.

Olehnya itu, dirinya juga berharap terus mendapat dukungan dan support dari semua pihak untuk menjadikan Ilmu Falak sebagai Prodi yang unggul dan andal di Kampus UIN Alauddin Makassar.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para pendiri Ilmu Falak yang telah berjuang untuk menghadirkan Ilmu Falak di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar, kepada para pimpinan yang telah membawa Ilmu Falak meraih akreditas B, dan kepada guru yang setia berdedikasi, serta seluruh alumni dan mahasiswa yang terus semangat dan berkreasi dalam mensyiarkan Ilmu Falak,” pungkasnya.

Dirinya menambahkan di Hari Jadi Prodi Ilmu Falak ke-5 tahun ini diadakan berbagai kegiatan yang dikemas dalam Falak Fair. Mulai dari kuliah umum Indonesia-Malaysia, Bedah Buku, pelatihan Astrofotografi, lomba debat dan kultum Ilmu Falak, serta lomba essay tingkat nasional. Rangkaian kegiatan ini dimulai sejak Februari sampai April.

Sementara itu, Dekan Falkultas Syariah dan Hukum Dr Muammar Bakry mengaku pihak Pimpinan Fakultas akan selalu mendukung program-program Prodi Ilmu Falak. Termasuk rencana Prodi Ilmu Falak untuk membuat Observatorium Ilmu Falak.

“Maka fakultas akan menganggarkan pembangunan observatorium tahap demi tahap, demi terwujudnya Fakultas Syariah sebagai rumah Referensi dan pusat wisata edukasi,” ungkapnya saat menghadiri puncak Hari Jadi Prodi Ilmu Falak beberapa waktu lalu.

Selain itu, Muammar juga mengapresiasi rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada peringatan 5 tahun Prodi Ilmu Falak ini. Karena menurutnya ini tentu sangat menunjang dan sangat sesuai dengan kriteria standar 9 akreditasi oleh BAN-PT.

“Tentu kita semua berharap semoga Prodi Ilmu Falak UIN Alauddin dapat mengangkasa sama seperti mottonya. Saya juga berharap semoga-program studi yang lain dapat melaksanakan kegiatan yang serupa,” harapnya.

Avatar
Redaksihttps://sivitas.id
Sivitas.id adalah portal berita online berbasis kampus yang didedikasikan sebagai ruang diskursif warga kampus. Anda bisa mengirimkan tulisan anda ke email redaksi di redaksi@sivitas.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img

Most Popular

Recent Comments