24 C
Makassar
Sunday, April 11, 2021
HomeKabar KampusAkademikKuliah Perdana Pascasarjana UIN Alauddin, Rektor: Jadilah Pemikir Andal

Kuliah Perdana Pascasarjana UIN Alauddin, Rektor: Jadilah Pemikir Andal

Sivitas.ID, Gowa – Pascasarjana UIN Alauddin menggelar kuliah perdana untuk Program Magister dan Doktor tahap II tahun Akademik 2020/2021 secara daring via zoom cloud meeting, kegiatan tersebut dibuka dengan orasi ilmiah oleh Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Hamdan Juhannis, Sabtu ( 27/02/2021).

Dalam orasinya, Hamdan menekankan pentingnya riset sebagai ujung tombak perguruan tinggi, ia berharap program Pascasarjana banyak melahirkan pemikir-pemikir andal yang dapat mengguncang jagad pemikiran.

“Episentrum dari gempa pemikiran ini ada pada mahasiswa Pascasarjana, khususnya menjadi lokomotif tumbuhnya arus pemikiran moderasi beragama” pungkasnya.

Itulah sebabnya, lanjut Hamdan, apabila di Pascasarjana tidak tumbuh pemikir-pemikir yang bisa menggetarkan dunia pemikiran, maka Pascasarjana tidak bekerja secara fungsional, karena menurutnya, disitulah gudang dan tempat para pemikir.

Poinnya, kata Hamdan, kuliah di Pascasarjana itu meniscayakan orang harus berpikir dan bukannya menghayal, berpikir inilah yang menjadi bagian dari budaya ilmiah perguruan tinggi.

“Dengan berpikir ilmiah, kita dapat semakin memperkuat moderasi bergama” tandas Guru Besar Sosiologi UIN Alauddin tersebut.

Kegiatan kuliah perdana itu dihadiri sebanyak 280 peserta yang terdiri dari Direktur Pascasarjana, Ketua dan Sekretaris Prodi serta mahasiwa program magister dan doktor.*

Avatar
Redaksihttps://sivitas.id
Sivitas.id adalah portal berita online berbasis kampus yang didedikasikan sebagai ruang diskursif warga kampus. Anda bisa mengirimkan tulisan anda ke email redaksi di redaksi@sivitas.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img

Most Popular

Recent Comments