24 C
Makassar
Sunday, April 11, 2021
HomeKabar KampusBantu Siswa Korban Gempa Sulbar Belajar Online, FTI UMI Pasang Wifi Gratis

Bantu Siswa Korban Gempa Sulbar Belajar Online, FTI UMI Pasang Wifi Gratis

Sivitas.ID, Makassar – Dalam rangka membantu para siswa korban gempa Sulbar untuk belajar online, tim Relawan dan Bantuan Kemanusiaan Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (FTI UMI) akan memasang antena penguat sinyal dan hotspot Wifi gratis di shelter pengungsi korban gempa bumi di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.

Dekan FTI UMI Dr Ir Zakir Sabara H Wata mengatakan, pemasangan antena dan hotspot Wife akan dilakukan Selasa (23/2/2021), di shelter pengungsi di Dusun Tamarimbi dan Dusun Kabiraan, Desa Kabiraan, Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene.

Shelter itu berada di dataran tinggi dan dekat dengan episentrum gempa bumi pada pertengahan Januari 2021 lalu.

Pemasangan antena penguat sinyal dimaksudkan agar pengungsi korban gempa makin mudah berkomunikasi menggunakan telepon seluler.

Sementara, hotspot Wifi gratis ditujukan kepada siswa/murid dan mahasiswa korban gempa yang akan mengikuti kegiatan belajar secara online.

“Mudah-mudah bisa membantu anak-anak kita yang sekolah, bisa sekolah online, baik yang di SD, SMP, maupun SMA yang masih berada di tenda-tenda pengungsian,” kata Zakir, Senin (22/2/2021).

Perangkat telekomunikasi itu merupakan hibah dari Forum Komunikasi Organisasi Masyarakat Indonesia (Forkomasi) Korea Selatan dan Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) se-Sulawesi Tengah.

Zakir Sabara H Wata mengatakan, ada 2 antena beserta access point akan dipasang.

Keduanya dialiri listrik dari panel surya.

“Dalam setiap access point dan antena penguat sinyal ini terdiri dari beberapa komponen, antara lain 1 set penguat sinyal, repeater, modem Telkomsel Orbit sebagai penyedia layanan internet gratis, wireless outdoor sebagai access point penyebar sinyal WiFi dari modem, antena portable, dan panel surya kapasitas 100 watt,” Sambungnya.

Menariknya, jaringan Wifi bisa menjangkau radius 10 Km.

Dalam setiap modem juga sudah tersedia kuota 200 GB untuk digunakan selama 1 bulan.

“InsyaAllah cukup untuk kuliah (belajar) online dan komunikasi pengungsi,” imbuhnya saat mempelihatkan perangkat yang sudah dirakit tim relawan FTI UMI, didampingi Wakil Dekan III FTI UMI, Ir Hasbi Bakri, di kampus  Jl Urip Sumoharjo, Makassar.(*)

Avatar
Redaksihttps://sivitas.id
Sivitas.id adalah portal berita online berbasis kampus yang didedikasikan sebagai ruang diskursif warga kampus. Anda bisa mengirimkan tulisan anda ke email redaksi di redaksi@sivitas.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img

Most Popular

Recent Comments